-->

Jumat, 08 November 2013


Cara Pertama ( SteamMover )
Program pertama yang akan kita gunakan ialah SteamMover, sebenarnya program ini digunakan untuk memindahkan game Steam ke partisi atau drive lain, tapi bisa juga dipakai untuk program lain, memindahkan game dari satu disk ke disk yang lain, dan juga memindahkan shortcut dan data game yang telah di simpan, ini penting, kita tidak mau kehilangan data game yang telah di simpan bukan?, nah SteamMover akan melakukan tugas ini dengan mudah.
Untuk memindahkan program yang akan dipindahkan, pilih folder dimana game atau programnya berada kemudian pilih juga destinasi foldernya dimana program / game akan dipindahkan, program ini akan menampilkan semua program yang terinstall di folder yang kita pilih tadi, yang harus kita lakukan hanyalah menyorot programnya lalu pindahkan, dan klik tombol “move”, jika sudah selesai, kita akan melihat lokasi baru dimana program terdaftar dalam dibawah “Junction Point”. Anda masih bisa mengakses program seperti biasa di start menu windows anda.
Dan untuk mengembalikannya semula, cukup klik tombol panah kiri “left arrow” dan biarkan program SteamMover melaksanakan tugasnya.
SteamMover memerlukan Windows Vista atau Windows 7, tidak akan berkerja untuk Windows XP, dan partisi FAT/FAT32 tidak didukung, dan hanya partisi NTFS yang didukung.
Software free SteamMover dapat di download disini
Cara Kedua ( Aplication mover )
SteamMover aman karena tidak bermain-main dengan registry windows, atau menulis ulang proses instalasi, dan hanya meninggalkan “shortcut” atau pintasan program. Sedangkan metode kedua ini agak sedikit “berbahaya” tapi lebih bagus untuk memindahkan program. pertama program akan memindahkan lokasi lama ke lokasi baru, didalam jendela program, lalu mencari registry untuk referensi ke file dilokasi yang lama, dan memindahkannya ke lokasi yang baru, “Aplication mover” ini juga memindai (scan) semua pintasan program (shortcut) di start menu dan menggantikan ke referensi path ke lokasi program yang baru, seterusnya semua file .ini dan .log akan diperiksa, jika masih di lokasi lama maka otomatis akan di pindahkan ke lokasi yang baru.
Jika anda mengaktifkan kotak centang “Confirm changes” didalam jendela programnya, maka akan mendapatkan kotak dialog informasi pada setiap perubahan yang akan dilakukan, file yang sedang digunakan tidak akan dipindahkan dan akan dipindahkan pada saat komputer di boot ulang.
Software Aplication mover dapat di download disini
Keterangan :
Para pengembang program ini tidak merekomendasikan untuk memindahkan program yang berat seperti “microsoft office”. Program seperti MS office menginstall file kedalam banyak sub-direktori dan membuat ratusan (bahkan ribuan) entri registry. meskipun pengembang mengatakan berhasil dan bisa memindahkannya, tetapi lebih baik jangan mencoba untuk memindahkan program ini, norton system works juga dianjurkan agar jangan dipindahkan.
Adobe photoshop bisa dipindahkan, tetapi pastikan anda masih menyimpan kunci lisensinya, dan media instalasi yang asli, jika sesuatu berjalan salah nanti, dinasihatkan bukan hanya pada program adobe photoshop namun juga pada aplikasi yang penting lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Penayangan Blog